Gereja FOCUS Indonesia

Gereja FOCUS Indonesia

Sebuah Bentuk Pelayanan Campus Bible Study untuk Mahasiswa Indonesia di UNSW, Sydney, Australia

Sejarah

SejarahTahun 1981 di UNSW (University of New South Wales), sebuah perkumpulan kecil orang-orang Kristen Australia bertemu untuk berdoa dan mencari kesempatan untuk berbagi pesan mengenai Yesus Kristus kepada para mahasiswa internasional.

Tahun 1985, sebuah perkumpulan Alkitab bernama FOCUSS (Fellowship of Overseas Christian University & Secondary Students) dibentuk. Mereka bertemu setiap minggu dan selanjutnya bertumbuh menjadi sebuah grup yang terdiri dari sekitar 30 orang mahasiswa.

Tahun 1994, grup tersebut berganti nama menjadi FOCUS (Fellowship of Overseas Christian University Students) dengan visi untuk memperlengkapi para mahasiswa internasional menjadi dewasa di dalam Yesus Kristus. Tahun ini ditandai dengan bergabungnya Pendeta Joshua Ng untuk menjadi pendeta penuh waktu di FOCUS.

Antara tahun 1997-2007, FOCUS mengalami banyak pertumbuhan dan juga perubahan. Di tahun-tahun ini, FOCUS terus berubah menjadi sebuah komunitas yang membuat dirinya semakin mudah dijangkau oleh para mahasiswa untuk mendengar, mendiskusikan dan memahami Alkitab dalam bahasa mereka sendiri. Kelompok-kelompok baru dibentuk dan gereja-gereja baru didirikan. Selanjutnya, di bawah kemurahan hati Tuhan, visi FOCUS untuk memperlengkapi para mahasiswa internasional dengan Firman Tuhan dan lalu mengirim mereka dengan Firman Tuhan ke negara asalnya (dan juga negara lain) menjadi kenyataan – ratusan lulusannya melakukan ini! Pada masa ini, sebuah perkumpulan Alkitab Indonesia – yang lalu berganti nama menjadi ‘Pelita’ – juga dibentuk. Pelita bertemu sebagai sebuah perkumpulan dari grup-grup kecil setiap hari Jumat malam. Para mahasiswa/mahasiswi dari Pelita terus bertemu dengan perkumpulan FOCUS lainnya untuk kebaktian hari Minggu. Tahun 2007, Charles Gajus (yang telah melayani di Pelita sejak 2001) menjadi pendeta penuh waktu untuk Pelita.

Tahun 2008, Gereja Kristen Pelita (GKP) dibentuk. Masih merupakan bagian dari FOCUS dan melanjutkan visinya untuk membawa Firman Tuhan ke dunia, GKP berusaha agar khususnya mahasiswa/mahasiswi Indonesia mendengar, mengerti dan menyebarkan berita sukacita mengenai pengampunan dosa yang kita bisa dapatkan dan pengharapan kehidupan yang sekarang kita bisa nikmati hanya karena Yesus Kristus!

Tahun 2011, Gereja Kristen Pelita (GKP) berganti nama menjadi Gereja FOCUS Indonesia (GFI), untuk mempertegas bahwa ia adalah bagian dari FOCUS, yang merupakan bentuk pelayanan mahasiswa internasional dari Campus Bible Study (CBS).

Comments are closed.